Jangan Pernah Mengambil Kesempatan Dengan Penglihatan Anda!

 Dalam artikel sebelumnya saya berbicara tentang bagaimana saya pertama kali memperhatikan timbulnya degenerasi makula terkait usia. Namun itu bukan cerita lengkapnya dan untuk 

menggambarkan pentingnya pemeriksaan mata secara teratur, saya akan menceritakan secara lengkap di bawah ini apa yang sebenarnya terjadi.

Seperti yang saya sebutkan di artikel sebelumnya, suatu hari tiba-tiba saya melihat apa yang tampak seperti jaring laba-laba atau sarang laba-laba di depan wajah saya. Tetapi ketika saya mencoba untuk menghapusnya, tidak ada apa-apa di sana! Kemudian menjadi jelas bahwa itu adalah sesuatu yang tingkat keberhasilan operasi lasik internal bukan eksternal. Saya juga memperhatikan saat berkendara pulang dalam kegelapan bahwa ada kilatan pada penglihatan tepi saya.

Keesokan paginya saya mengunjungi dokter saya yang melakukan pemeriksaan cepat dan kemudian segera menelepon dokter mata setempat. Janji itu dibuat pada hari yang sama dan saya didesak untuk menaatinya.

Saya mengunjungi dokter mata yang melakukan pemeriksaan yang sangat teliti dan menjelaskan bahwa saya memiliki apa yang disebut "floaters" yang disebabkan oleh serpihan kecil yang mengambang di sekitar cairan vitreous di bola mata. Rupanya ini tidak serius, tetapi dalam beberapa kasus bisa menjadi gejala awal retina terlepas.

Sebagai hasil dari pemeriksaan ini, pikiran saya menjadi tenang tetapi saya didorong untuk melakukan pemeriksaan rutin enam bulanan untuk memastikan tidak ada kemunduran lebih lanjut. Setelah beberapa waktu saya memperhatikan bahwa hal yang sama terjadi di mata yang lain, yang lagi-lagi tidak perlu segera dikhawatirkan.

Saya juga dikirim untuk tes penglihatan tepi hanya untuk memastikan tidak ada masalah tambahan. Itu kembali dengan clean sheet.

Namun setelah beberapa tahun melakukan tes rutin, dokter mata merekomendasikan agar saya menjalani 'x-ray' mata yang mirip dengan MRI scan pada mata, karena mengambil foto mata dalam irisan.

Hasil rontgen terakhir dokter mata menunjukkan kekhawatiran tentang salah satu mata yang diduga menunjukkan gejala awal AMD. Karena itu, dia memulai beberapa perawatan, yang akan saya bicarakan di lain kesempatan.

Ini menggambarkan apa? Ini menggambarkan kebutuhan untuk tidak menganggap enteng kondisi mata Anda terutama jika Anda berusia di atas 45 tahun. Berhati-hatilah dengan melakukan pemeriksaan rutin agar tindakan dini dapat dilakukan.

Apa saja gejala awal AMD?

Nah, meskipun AMD bisa mulai sebelum gejala berikut terjadi, berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menunjukkan mungkin ada masalah dan akan bijaksana untuk mengatur janji sedini mungkin.

Misalnya, jika Anda melihat garis lurus yang tampak menyimpang atau sesuatu pada penglihatan pusat Anda tidak tampak sebagaimana mestinya, laporkan hal ini ke dokter Anda.

Jika Anda mendapatkan area buram gelap di tengah penglihatan Anda juga dapatkan saran

Gejala lain yang harus diperhatikan adalah: kesulitan melihat sesuatu dengan jelas di halaman, masalah dengan pekerjaan yang bagus seperti menjahit dll, dan kontras yang tidak jelas antara warna, dll., Dan mungkin memerlukan lebih banyak cahaya untuk melihat kata-kata di kertas berwarna.

Saya harus menekankan bahwa tidak satu pun dari semua ini yang merupakan indikator degenerasi makula terkait usia, tetapi itu adalah hal-hal yang akan membuat kunjungan ke dokter bermanfaat untuk ketenangan pikiran.

Satu hal yang dapat Anda lakukan adalah menemukan apa yang disebut Amsler Grid yang dapat Anda cetak dan gunakan untuk diagnosis mandiri yang sangat dasar.

Anda perlu meletakkan bingkai pada ketinggian mata sekitar 12 inci dari tempat Anda berdiri. Jika beberapa tip luar biasa Anda menggunakan kacamata, biarkan, tutup satu mata dan tatap bingkai sekitar satu menit. Jika salah satu garis tidak terlihat lurus atau buram atau lebih gelap dari yang lain, catat. Ulangi proses untuk mata lainnya.

Harap dicatat bahwa ini bukan pengganti pemeriksaan mata biasa. Namun ini adalah panduan kasar dan siap untuk menunjukkan jika Anda mungkin memiliki beberapa masalah mata. Jika Anda melihat salah satu gejala di atas, hubungi dokter Anda untuk pemeriksaan awal.

Comments

Popular Posts